1 Berita/Peringatan Perjalanan {{travelShortAlert}}
(Please select preffered language
Main Content

Layanan Kesehatan Pesawat

dokter penerbangan

Meskipun armada pesawat komersial modern menawarkan transportasi cepat, nyaman, dan aman, beberapa penumpang dengan penyakit bisa saja terpengaruh oleh lingkungan kabin. Lingkungan kabin dibatasi oleh desain pesawat dan cukup berbeda dengan transportasi darat. Perbedaan ini mencakup tekanan yang rendah di ketinggian (tingkat oksigen rendah dan efek tekanan kabin karena rendahnya tekanan dalam kabin), karakteristik lingkungan kabin (buruknya kualitas udara dan rendahnya kelembaban dalam kabin), penat terbang, mabuk udara, dan perjalanan panjang dalam ruangan tertutup. Perhatikan dan lakukan tindakan pencegahan yang semestinya.

  • Ketika mendarat, jika Anda merasa tidak nyaman di telinga atau sinus Anda, cobalah untuk menelan, mengunyah, atau membuka lebar mulut Anda agar udara dapat mengalir lebih baik.  Jika anak Anda memiliki masalah demikian, coba berikan minuman atau dot agar ia mendapatkan aliran udara yang lebih baik dan untuk meredakan ketidaknyamanan.
  • Jangan terbang dalam waktu 24 jam setelah melakukan scuba diving.
  • Jika Anda mudah terkena mabuk udara, pesanlah kursi yang dekat dengan sayap pesawat.
  • Hindari makanan berat, alkohol, dan minuman berkafein selama di pesawat. Minumlah lebih banyak air dan jus.
  • Berdiri tiba-tiba setelah bangun tidur dapat menyebabkan pusing. Ini dapat disebabkan oleh konsumsi alkohol, rendahnya tingkat oksigen, rendahnya aktivitas, dan rasa kantuk. Kami menyarankan agar Anda meregangkan dan menggerakkan badan di kursi sebelum berdiri.
  • Meskipun kualitas udara kabin lebih baik daripada di rumah atau kantor, kabin pesawat adalah area publik yang memungkinkan terjadinya kontaminasi silang. Kami menyarankan agar Anda tidak terbang jika memiliki penyakit menular.
  • Hindari memakai lensa kontak selama penerbangan.
  • Kami menyarankan agar Anda menggunakan pelembab kulit.

Saran untuk penumpang sakit atau hamil

AsmaJika Anda memiliki asma, pastikan Anda membawa obat hirup sendiri dan hindari hal-hal yang dapat menyebabkan kambuh selama di pesawat.
Penyakit JantungSerangan jantung terjadi dua kali lipat lebih sering di udara daripada di darat. Jangan terbang jika Anda baru saja mengalami serangan jantung.
DiabetesMinumlah obat sesuai dengan waktu di tempat keberangkatan. Pesanlah makanan khusus ketika melakukan reservasi. Bawalah obat-obatan di tas kabin Anda. Selalu bawa catatan medis tertulis mengenai kondisi kesehatan Anda.
Trombosis Vena Dalam (DVT)Duduk dalam waktu lama di ruang tertutup dapat menimbulkan gangguan pada sirkulasi darah di tubuh bagian bawah dan dapat menyebabkan gumpalan darah di vena dalam kaki. Meskipun tidak berdampak besar pada penumpang dengan kondisi kesehatan normal, penumpang dengan penyakit jantung, flebitis, masalah penggumpalan darah, dan yang dalam proses pemulihan dari operasi vena kaki memiliki risiko yang besar.

Untuk menghindari tanda-tanda dan gejala tersebut, kami menyarankan agar Anda:

  • Meminum air dan jus secara sering. Menghindari merokok, alkohol, dan minuman berkafein selama perjalanan Anda. 
  • Memakai pakaian yang longgar.
  • Menggerakkan badan di kursi Anda, khususnya kaki. 
  • Jika Anda merasa memiliki risiko yang tinggi, mintalah saran dari dokter sebelum bepergian.

Alergi kacang

China Airlines berdedikasi untuk memberikan layanan dalam pesawat yang aman dan sehat kepada para penumpang.  Untuk memenuhi kebutuhan makanan khusus penumpang (termasuk anggota awak pesawat) karena keyakinan agama mereka, kondisi kesehatan, usia, atau alasan khusus lainnya, kami secara umum membagi makanan menjadi 20 jenis sesuai dengan regulasi IATA dan kebutuhan penumpang. China Airlines memahami bahwa beberapa penumpang memiliki reaksi alergi terhadap kacang tanah/kacang-kacangan yang bisa membahayakan jiwa. Namun demikian, kami tidak dapat menjamin bahwa lingkungan yang kami sediakan terbebas dari elemen penyebab alergi, seperti produk kacang tanah atau kacang-kacangan, serbuk kacang, dan residu kacang.

Karena produk kacang tanah, seperti bahan-bahan berbasis kacang tanah/kacang-kacangan dan minyak kacang banyak digunakan dalam masakan Asia, kami tidak dapat menjamin tidak digunakannya produk kacang tanah/kacang-kacangan.  Penumpang lain yang terbang bersama Anda mungkin membawa produk kacang ke dalam kabin pesawat atau VIP lounge. Oleh karena itu, di area publik seperti kabin dan VIP lounge mungkin terdapat residu kacang.

Dalam situasi nyata, kami tidak dapat menyediakan lingkungan yang bebas dari elemen yang mungkin bisa memperburuk alergi kacang. Maka dari itu, kami sangat menyarankan agar penumpang yang memiliki alergi kacang mempertimbangkan risiko paparan terhadap alergen dan berkonsultasi dengan dokter pribadi atau spesialis alergi untuk mengetahui apakah kondisi mereka cukup baik untuk terbang. Kami menyarankan agar Anda menghubungi petugas layanan lokal kami 72 jam sebelum keberangkatan dan memberikan Surat Keterangan Medis untuk Perjalanan Udara yang ditandatangani oleh dokter atau spesialis alergi sebagai referensi kami. Terkait dengan regulasi keselamatan penerbangan, Anda juga harus memberikan surat dari dokter Anda saat check-in yang menyatakan bahwa Anda akan membawa obat-obatan atau peralatan medis yang diperlukan ke dalam bagasi kabin untuk alasan medis ini.

Penumpang dengan alergi kacang harus menghindari kemungkinan terjadinya kontak dengan kacang dan mengambil segala tindakan pencegahan yang mungkin dilakukan. Ini termasuk menyiapkan makanan Anda sendiri, membawa obat-obatan yang diperlukan, atau menjalankan perawatan medis yang dapat Anda lakukan sendiri. Pasien atau penjaga atau pendamping mereka harus mengetahui perawatan untuk reaksi alergi jika kambuh.  Jika memungkinkan dan dengan pemberitahuan sebelumnya, China Airlines akan melakukan pengaturan terbaik bagi Anda untuk mengurangi risiko dan memastikan keselamatan Anda selama penerbangan.

Ibu Hamil

  • Demi keselamatan penerbangan dan kesehatan penumpang, penumpang hamil harus memberi tahu petugas reservasi kami mengenai hari perkiraan lahir dan apakah kehamilannya tunggal atau kembar, dan kami sangat menyarankan agar semua penumpang hamil membawa catatan medis prakelahiran yang berisi informasi yang diperlukan selama bepergian.
  • Penumpang hamil yang melanggar peraturan ini atau memberikan informasi yang salah dapat menimbulkan gangguan dan beban yang signifikan terhadap maskapai dan penumpang lain. China Airlines berhak menuntut ganti rugi (termasuk, tetapi tidak terbatas pada pengalihan penerbangan, klaim penundaan, dsb.) melalui tindakan hukum
  • Penumpang hamil dengan usia kehamilan lebih dari 28 minggu harus menghubungi Pusat Reservasi China Airlines untuk mendapatkan perizinan medis dan mengonfirmasi pemesanan dengan mengirimkan dokumen yang diperlukan setidaknya 2 hari kerja (tidak termasuk akhir pekan dan hari libur) sebelum memulai perjalanan: Formulir Perizinan Medis, Sertifikat Medis (berisi informasi tentang hari perkiraan lahir, kehamilan tunggal atau kembar) dan Formulir Rilis dan Ganti Rugi.
  • Formulir Perizinan Medis dan Sertifikat Medis harus ditandatangani oleh dokter kandungan yang memenuhi syarat dan bertanggal tidak lebih dari 7 hari sebelum keberangkatan;
  • Untuk penerbangan pulang atau lanjutan dalam jangka dua minggu dari tanggal keberangkatan, persetujuan untuk terbang dapat diberikan dengan permohonan awal dan permohonan penerbangan keberangkatan. Jika penerbangan pulang atau lanjutan lebih lama dari 2 minggu, penumpang harus mengirim ulang permohonan dengan dokumen medis yang diperbarui untuk persetujuan.
  • Kami dapat menerima penumpang dengan kehamilan kembar tanpa komplikasi sampai usia kehamilan 31 minggu + 6 hari yang mengajukan permohonan dan mendapatkan persetujuan dari kantor medis.
  • Kami dapat menerima penumpang dengan kehamilan tunggal tanpa komplikasi sampai usia kehamilan 35 minggu + 6 hari yang mengajukan permohonan dan mendapatkan persetujuan dari kantor medis.
  • Demi keselamatan penerbangan dan kesehatan penumpang, kami melarang penumpang hamil untuk terbang setelah usia kehamilan 36 minggu untuk kehamilan tunggal atau 32 minggu untuk kehamilan kembar.
  • Perjalanan setelah melahirkan: CAL tidak akan mengangkut ibu yang baru melahirkan dalam waktu 14 hari karena alasan kesehatan.

Saran dari dokter penerbangan

Terbang seharusnya adalah pengalaman yang aman dan menyenangkan. Anda dapat menikmati perjalanan jika Anda memahami karakteristik lingkungan kabin, telah berkonsultasi dengan dokter, dan melakukan pengaturan perawatan medis yang diperlukan sebelum berangkat. Berikut adalah beberapa saran perawatan kesehatan saat terbang. Sebelum keberangkatan:

  • Pastikan Anda tidak memiliki penyakit sistem imun.
  • Jangan menumpang pesawat jika Anda merasa tidak nyaman.
  • Pakailah pakaian yang longgar dan nyaman.
  • Berkonsultasilah dengan dokter mengenai masalah kesehatan dan beri tahu maskapai mengenai masalah Anda saat reservasi.
  • Selalu bawalah sendiri obat yang diperlukan.
  • Hindari duduk diam untuk jangka waktu yang lama. Lakukan gerak badan di kursi untuk menggerakkan otot dan sendi kaki.
  • Ketika pesawat sedang mendarat, tetaplah terjaga dan hilangkan ketidaknyamanan di telinga dan sinus Anda sesegera mungkin.
Rumah > Fly > Di Pesawat >