Gambaran Umum Situs
1 Berita/Peringatan Perjalanan lebih lanjut
(Please select preffered language
Main Content

Bantuan Khusus

Bantuan Bandara

Bantuan Bandara

Sebagian besar bandara keberangkatan dan kedatangan kami dilengkapi dengan Sistem Informasi Penerbangan. Petugas bandara kami akan memberikan informasi boarding dan masalah penerbangan kepada penumpang. Kami menyarankan agar penumpang difabel atau yang memiliki gangguan pendengaran/penglihatan menyampaikan kebutuhan khusus mereka secara langsung kepada petugas kami di setiap titik kontak mana pun di bandara.


Sebagian besar bandara keberangkatan dan kedatangan kami dilengkapi dengan jembatan penghubung dan passenger assist lift (PAL) untuk membantu penumpang difabel naik dan turun pesawat. Kami menyarankan agar Anda sesegera mungkin menghubungi kami sebelum melakukan perjalanan supaya dapat mengenali fasilitas untuk difabel di bandara tujuan.


Pengaturan Kursi Prioritas Sebelum Keberangkatan

Untuk memberikan kenyamanan maksimum, bagi penumpang difabel akan disediakan kursi lorong yang mudah diakses atau kursi dengan sandaran lengan yang dapat diatur.


Konfigurasi tempat duduk berbeda-beda di setiap pesawat. Buka Panduan Kabin dan lihat Denah Tempat Duduk tiap-tiap jenis pesawat untuk detailnya.

Bantuan Selama Penerbangan

Bantuan Selama Penerbangan

  1. Kecuali pesawat ERJ, semua jenis pesawat dilengkapi dengan kursi roda dalam pesawat untuk membantu penumpang difabel berpindah antara kursi dan toilet. 
  2. Pramugari/pramugara akan menawarkan bantuan kepada penumpang difabel untuk berpindah ke/dari kursi saat boarding dan/atau turun dari pesawat; mengambil atau menempatkan bagasi kabin atau perangkat pembantu lain; dan menuju ke/keluar dari toilet selama penerbangan.

    Pramugari/pramugara tidak diizinkan untuk memberikan bantuan menyuapi, bantuan dalam toilet, atau bantuan di kursi untuk buang air kecil dan/atau buang air besar, dan layanan medis. Jika kondisi kesehatan Anda mengharuskan orang lain memberikan bantuan-bantuan tersebut, kami menyarankan agar Anda membawa perawat sebagai pendamping

Toilet dengan Sarana untuk Disabilitas

Semua pesawat kami dilengkapi toilet untuk penumpang difabel, yang telah terpasang bel layanan, pegangan tangan, dan lantai kesat. Beberapa pesawat memiliki toilet yang diperluas sebesar 152,4 cm (60 inci), atau yang telah terpasang tirai untuk membantu penumpang difabel. Silakan buka Panduan Kabin dan lihat Denah Tempat Duduk di setiap jenis pesawat untuk info selengkapnya.

Makanan Khusus

China Airlines saat ini menawarkan 22 pilihan makanan khusus, termasuk makanan rendah laktosa, rendah lemak, dan makanan untuk penderita diabetes. Jika penumpang masih memiliki kebutuhan makanan lainnya, pemenuhan kebutuhan itu akan tergantung pada ketersediaan perusahaan katering kami di bandara keberangkatan penerbangan penumpang.

Pemesanan Kursi Roda dan Layanan Pengiriman

Harap hubungi petugas pemesanan atau layanan pelanggan kami setidaknya 48 jam sebelum keberangkatan untuk memesan kursi roda Anda baik saat di bandara maupun saat di kabin. Untuk memastikan bahwa layanan kami dapat memenuhi kondisi Anda yang sebenarnya, petugas kami mungkin akan mengajukan beberapa pertanyaan. (Contoh: Dapatkah Anda bergerak sendiri tanpa bantuan? Seberapa jauh Anda dapat berjalan? Dapatkah Anda menaiki atau menuruni tangga tanpa bantuan?)

  1. Penumpang yang telah memesan kursi roda dapat menghubungi petugas kami untuk mendapatkan kursi roda ketika tiba di bandara. Penumpang juga dapat menggunakan kursi roda miliknya sendiri untuk menuju ke gerbang boarding. 
  2. Penumpang yang menggunakan kursi roda elektronik harus menyerahkan kursi roda tersebut saat melakukan check-in di bandara. 
  3. Perusahaan kami menyediakan kursi roda umum untuk boarding. Kami menyediakan layanan yang sama di tempat transit dan bandara tujuan kedatangan. Perusahaan kami akan menyediakan layanan pengiriman kursi roda gratis untuk penumpang yang membawa kursi roda milik mereka pribadi, baik untuk kursi roda manual maupun elektronik. Karena fasilitas serta batas waktu penuntutan di bandara internasional dan domestik berbeda, maka jika kursi roda Anda tidak dapat dihantarkan ke gerbang boarding dari pelataran pesawat pada saat kedatangan, kami akan menghantarkan kursi roda tersebut ke area klaim bagasi sebagai prioritas. Kami juga akan menyiapkan kursi roda setelah Anda tiba di terminal dan kemudian mendampingi Anda ke area klaim bagasi, serta membantu Anda mengambil bagasi dan kursi roda yang tercatat.

Baterai Kursi Roda

Baterai untuk perangkat mobilitas atau kursi roda Anda harus lulus uji yang ditentukan Pasal 38.3 dalam Panduan PBB untuk Tes dan Kriteria Bagian III. Baterai li-ion untuk kursi roda:

  • Jika baterai dapat dilepas:
  1. Baterai tersebut harus dilepas, diisolasi, dan ditempatkan dalam wadah baterai tertutup, serta dibawa ke dalam pesawat di dalam bagasi kabin. Kapasitas setiap baterai tidak boleh melebihi 300 W/H.
  2. Kursi roda dapat diserahkan untuk pengiriman. 
  3. Selain baterai kursi roda, baterai li-ion cadangan dengan kapasitas kurang dari 300 W/H atau dua baterai li-ion cadangan dengan kapasitas masing-masing kurang dari 160 W/H diperbolehkan untuk dibawa di bagasi kabin.
  • Jika baterai li-ion tidak dapat dilepas:
  1. Baterai harus diisolasi dan diputus sambungannya dari kursi roda dan diserahkan untuk pengiriman.
  2. Baterai li-ion cadangan dengan kapasitas kurang dari 300 W/H atau dua baterai li-ion cadangan dengan kapasitas masing-masing kurang dari 160 W/H diperbolehkan untuk dibawa di bagasi kabin.
  • Jika peralatan medis portabel berisi baterai li-ion, bawa serta sertifikat baterainya. Karena beberapa negara memiliki peraturan yang berbeda, kami menyarankan agar Anda menghubungi kantor reservasi setempat kami terlebih dahulu untuk pengaturan yang lebih baik. Untuk informasi tentang cara bepergian aman dengan baterai di AS, klik di sini.

Perawatan Medis

  1. Penumpang yang tidak mampu memahami atau merespons panduan keselamatan dengan baik karena disabilitas mental
  2. Penumpang yang tidak mampu mengevakuasi diri sendiri dalam keadaan darurat karena memiliki gangguan gerak 
  3. Penumpang yang tidak mampu berkomunikasi dengan petugas kami karena memiliki gangguan pendengaran atau penglihatan 
  4. Jika Anda memerlukan layanan khusus, seperti tandu, terapi oksigen, atau peralatan medis elektronik, serahkan Formulir Perizinan Medis atau Pelepasan Tanggung Jawab dan Ganti Rugi dan mintalah persetujuan ahli medis kami sebelum boarding.

Layanan Penumpang dengan Gangguan Penglihatan

  1. Memastikan semua penumpang mengetahui hal berikut sebelum lepas landas
    • Dilarang merokok.
    • Pembatasan penggunaan perangkat elektris.
    • Penggunaan sabuk pengaman, termasuk petunjuk mengenai cara mengencangkan dan melepaskan sabuk pengaman.
    • Lokasi jalan keluar darurat.
    • Lokasi dan penggunaan alat pelampung darurat yang diperlukan.
    • Lokasi dan penggunaan masker oksigen.
    • Peralatan darurat lain yang disediakan untuk penggunaan individu atau penggunaan bersama.

  2. Awak kabin akan melakukan konten pengarahan yang dipilih berdasarkan pada status aktual penumpang. Konten Pengarahan:
    • Lokasi dan penggunaan sabuk pengaman.
    • Lokasi dan penggunaan masker oksigen.
    • Lokasi dan penggunaan baju pelampung.
    • Dua jalan keluar terdekat dan seberapa jauh dari pintu keluar (bagian depan dan belakang).
    • Menjelaskan kepada penumpang terkait, bahwa jika diperlukan evakuasi darurat penumpang tersebut harus mengikuti petunjuk yang diberikan oleh awak kabin zona tugas untuk menuju ke jalan keluar.
    • Menjelaskan bahwa saat perlu evakuasi, semua penumpang harus untuk melakukan evakuasi dengan segera. Jika penumpang tidak dapat melakukan evakuasi, awak kabin atau penumpang yang telah ditunjuk sebelumnya akan membantu mereka. Bagi penumpang dengan gangguan penglihatan: Gunakan masker oksigen dan baju pelampung dalam Perlengkapan Demo untuk melakukan pengarahan; berjalan dari kursi mereka ke jalan keluar sering kali menjadi cara termudah untuk membantu penumpang terkait. Petunjuk Keselamatan Versi Tunanetra harus diberikan kepada penumpang.

  3. Ketika menunjukkan arah bagi penumpang dengan gangguan penglihatan:

    Awak kabin memberikan petunjuk verbal sebelum memberikan bantuan atau layanan kepada penumpang terkait.
    Komunikasi efektif dengan penumpang harus dilakukan.
    • Awak kabin berdiri di depan penumpang, menepuk tangan penumpang dengan lembut agar penumpang terkait dapat menggenggam lengan awak kabin.
    • Menginformasikan rintangan yang ada di depan.
    • Arahkan penumpang terkait ke kursi dengan meletakkan tangan penumpang ke sandaran lengan atau bagian belakang kursi agar penumpang dapat duduk dengan mudah.
    • Membantu penumpang yang duduk dengan sabuk pengaman terpasang kencang dan memperkenalkan fasilitas kursi dan sekeliling berdasarkan arah duduk penumpang serta toilet terdekat.

    Selama penerbangan
    Manajer Kabin dan awak kabin memberikan layanan, bantuan, dan perhatian yang memadai selama penerbangan.
    • Membantu penumpang dengan keterbatasan fisik, penumpang yang didampingi oleh orang dewasa atau petugas medis dalam memindahkan penumpang ke atau dari kursi mereka.
    • Bertanya kepada penumpang yang didampingi oleh orang dewasa atau petugas medis, jika ada, mengenai waktu penyajian santapan yang sesuai dan persyaratan khusus dari penumpang terkait sebelum layanan santapan.
    • Membantu dalam hal penggunaan kursi roda di pesawat dan perangkat pembantu yang memungkinkan penumpang untuk pergi ke dan dari toilet.

Rumah > Fly > Persiapan terbang > Bantuan Khusus